Beberapa waktu yang lalu saya melakukan perjalanan pertama saya ke Phuket, Thailand. Saya mengasumsikan anda sudah memiliki tiket pesawat ke dan dari phuket, oleh karena itu saya hanya akan memberikan beberapa tips di luar tiket pesawat.

1. Hotel Murah di Phuket

Karena Phuket adalah sebuah pulau kecil di bagian barat Thailand, Phuket memiliki banyak pantai yang indah yang mengelilingi pulau tersebut. Rekomendasi saya adalah mencari hotel dengan walking distance ke pantai dalam artian cukup berjalan kaki untuk menuju pantai. Ketika saya ke Phuket saya menginap di hotel Narry di wilayah pantai patong.

Lobby Narry Hotel Patong

Lobby Narry Hotel Patong

Pantai patong kurang lebih seperti pantai Kuta, sebuah pantai yang indah dan bersih dan memiliki banyak sekali atraksi menarik di sekitarnya. Hotel yang saya pilih (Narry Hotel) hanya berjarak 80 meter dari pantai dan banyak sekali makanan di sekitarnya.

Hotel Narry saya rekomendasikan bagi anda yang belum memiliki referensi hotel di Patong. Hotel Narry memiliki bangunan yang masih terbilang baru, kamar yang bersih dan harga yang relatif murah. Kebetulan saya membeli voucher hotel dari LivingSocial seharga +- Rp 700.000 untuk tiga malam termasuk breakfast.

Tips & Trik: Booking hotel dari jauh-jauh hari sebelumnya, gunakan jasa group buying seperti Disdus atau LivingSocial. Beberapa teman sesama orang Indonesia yang kami temui disana mengatakan booking secara langsung ke hotel (baik melalui internet atau datang langsung) akan lebih murah daripada pesan melalui Agoda.

2. Tips Mencicipi Makanan Ala Phuket

Ternyata mencari makanan di sekitar phuket tidak sesulit yang dibayangkan. Banyak sekali jajanan pinggir jalan yang enak dan murah. Saya dan istri malah bertekad untuk mencoba setiap jajanan yang ada di jalanan Phuket. Kami sempat mencoba sate sosis, mie ayam ala thailand, ayam bakar dan nasi ketan, kopi susu, pancake crepes, dan masih banyak lagi. Harganya pun relatif murah berkisar antara 40-60 baht (sekitar 10-20 ribu).

Jajanan ala Phuket

Jajanan ala Phuket

Tapi akan kurang lengkap rasanya apabila belum mencoba makanan khas Thailand yang sangat terkenal di Indonesia. Apalagi kalau bukan Tom Yam. Kami mencoba untuk makan Tom Yam di sebuah food court di Jungceylon (mall terbesar di Phuket). Karena kami muslim, kami memesan Tom Yam udang dari sebuah kios milik penjual muslim. Harga Tom Yam tersebut adalah sebesar 140 Baht (Rp 45.000). Seperti dugaan kami, Tom Yam asal Thailand luar biasa enaknya dengan udang yang besar dan segar, sulit diceritakan dengan kata-kata.

Tips & Trik: Cobalah nikmati jajanan pinggir jalan khas Thailand, tidak usah untuk selalu makan makanan restoran karena jajanan tersebut memiliki rasa yang unik dan enak. Selain bersih, jajanan di Phuket juga murah meriah

3. Airport Transfer

Apabila anda masih bingung untuk transportasi dari airport ke hotel atau sebaliknya, anda tidak usah khawatir. Di Phuket, manajemen tourism nya lebih rapih daripada Indonesia. Anda bisa naik transportasi umum ke hotel atau menggunakan jasa airport transfer yang biayanya sekitar 200 Baht (sekitar Rp 60.000) per orang. Transportasi di Phuket terbilang rapih dan bersih tidak seperti di Jakarta.

Tips & Trik:  Gunakan transportasi umum atau jasa airport transfer dari hotel tempat anda menginap.

Angkutan Umum Phuket

Angkutan Umum Phuket

4. Paket Tour Wisata di Phuket

Paket tour yang ditawarkan di travel agent biasanya cenderung mahal. Sebaiknya anda melakukan kontak terlebih dahulu dengan tour guide anda di Phuket untuk dicarikan paket travel yang menarik dengan harga yang murah. Kami menggunakan jasa tour guide kami bernama Miss Ladda (PIN BB: 27085b46) dan mendapatkan harga paket tour ke Phi Phi Island seharga 1000 Baht per orang (+- Rp 325.000) per orang dan paket James Bond Island seharga 1100 baht (+- Rp 350.000) per orang. Sedangkan kalau kita beli paket tour di hotel bisa dikenakan biaya sekitar 2500-3000 Baht (lumayan kan??).

Tips & Trik: Gunakan jasa tour guide, dan usahakan anda melakukan kontak dengan guide anda sebelum tiba di Phuket

5. Persediaan Uang

Tentunya anda perlu mempersiapkan uang dengan mata uang lokal untuk keperluan bertransaksi di Phuket. Sebaiknya anda mengalokasikan anggaran terlebih dahulu dan juga jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat. Misal anda menganggarkan dana sebesar Rp 3.000.000 untuk keperluan di Phuket dan Rp. 2.000.000 untuk dana darurat. Maka saya sarankan anda tukar uang anda dengan mata uang Baht di money changer di Indonesia sebesar Rp. 3.000.000 dan persiapkan dana darurat dalam bentuk US Dollar sebesar Rp. 2.000.000. Dengan strategi ini anda akan lebih berhemat dalam segi nilai tukar uang. Apabila ternyata uang jajan anda habis selama di Phuket, anda bisa menggunakan dana darurat dan memperoleh nilai tukar yang lebih baik dengan USD daripada Rupiah.

Tips & Trik: Tukar uang jajan dengan mata uang baht dan siapkan dana darurat dalam mata uang USD.

Demikian tips dan trik saya untuk wisata ke Phuket, anda punya pengalaman atau Tips/Trik untuk jalan-jalan ke phuket juga? Silahkan share via komentar di bawah ya.

Happy holiday!

PS:

Bagi yang perlu guide selama di phuket, saya rekomendasikan miss Ladda, berikut informasi kontaknya:

Miss Ladda Contact Information

Miss Ladda Contact Information

 

Anda juga punya pengalaman menarik selama melakukan wisata ke Phuket? Atau memiliki pertanyaan dalam merencanakan perjalanan anda ke Phuket? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, saya akan merespon komentar anda secepatnya.