Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Gunung Bromo

Pada artikel ini saya mencoba membagi beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalan ke Gunung Bromo.Β Persiapan yang matang adalah kunci perjalanan yang menyenangkan menurut saya. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan:

Pakaian dan perlengkapan

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui bahwa suhu udara di Gunung Bromo bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius. Bagi kita penduduk Indonesia yang sudah terbiasa dengan iklim tropis tentunya tidak bisa membayangkan seberapa dinginnya udara dengan suhu di bawah 10 derajat celcius itu. Berikut beberapa rekomendasi saya mengenai pakaian yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan:

  1. Jaket atau pakaian dingin. Saya sangat merekomendasikan menggunakan jaket yang bisa menahan hawa dingin bukan jaket yang sekedar fashion saja. Selain jaket saya sarankan juga membawa beberapa T-Shirt cadangan sehingga apabila dengan menggunakan jaket masih merasa dingin anda bisa menambahkan T-Shirt sebelum menggunakan jaket.
  2. Syal, topi, sarung tangan. Kebanyakan jaket tidak menutupi area tubuh bagian leher. Ada baiknya anda membawa syal daripada nantinya leher anda menggigil. Begitu pula dengan topi dan sarung tangan. Apabila anda tidak memiliki perkakas ini, anda tidak perlu khawatir karena akan ada yang menjual berbagai syal, topi, dan sarung tangan disana walaupun harganya akan sedikit lebih mahal.
  3. Sepatu. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan sandal, kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan licin. Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih beguna daripada sepatu sneakers karena selain kuat sepatu jenis ini akan melindungi anda dari cedera.
  4. Lampu Senter / Flashlight. Apabila anda ingin menikmati sunrise di puncak bukit, anda akan mulai mendaki di saat langit masih gelap gulita. Penerangan dari senter akan sangat membantu anda menapaki jalan yang terjal.
  5. Masker. Wilayah Gunung Bromo cenderung berpasir dan berangin. Dengan adanya masker bisa melindungi hidung dan mulut kita dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.

Makanan dan Minuman

Memang anda akan menemui banyak warung yang menjual jajanan disana. Tapi ada baiknya anda membawa juga beberapa makanan kecil untuk mengantisipasi rasa lapar karena harga makanan disana relatif lebih mahal. Sebagai contoh untuk Pop Mie seduh di sana dibanderol dengan harga Rp 10.000 per cup-nya. Selain itu juga jangan lupa membawa air atau air panas untuk menyeduh kopi/teh.

Menikmati Pop Mie Panas di Gunung Bromo
Menikmati Pop Mie Panas di Gunung Bromo

Uang

ATM? Jangan berharap anda akan menemukan ATM disana, hehe. Jadi sebaiknya bawalah uang secukupnya, jangan terlalu banyak dan jangan pula sampai kekurangan uang.

Akhir kata..

Gunung Bromo memang salah satu obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Saya sendiri pun bisa pulang dengan perasaan bahagia setelah melihat indahnya pemandangan di Gunung Bromo. Bagi anda yang masih ragu untuk mencoba, segera mantabkan niat anda untuk berwisata ke Gunung Bromo dan insya Allah akan jadi sebuah perjalanan yang tidak terlupakan oleh Anda.

Berikut foto saya dan istri di Gunung Bromo..

Sunrise at Mount Bromo
Sunrise at Mount Bromo
Bromo Sunrise View
Sunrise View at Penanjakan 2 Gunung Bromo

IMG_0640

41 Replies to “Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Gunung Bromo”

  1. Tips nya bermanfaat sekali….oh mas aku mau tanya , waktu kmrn ke bromo lebih enaknya lewat mana ya klo dr surabaya….? Kmrn ikut tour atau pergi sendiri…? Pas di bromo nya bnyk hotel n tarip hotel di sana berapa ya…. mhn infonya ya mas…krn sy rencana mau jln2 ke sana…mksh….

    1. Waktu itu saya dari Surabaya. Kebetulan saya ada keluarga disana jadi bawa mobil sendiri dari Surabaya.

      Waktu tempuh dari Surabaya ke Gunung Bromo sekitar 4 jam di malam hari. Mungkin kalau siang hari akan sedikit lebih lama

  2. Terimakasih atas infonya, tips nya tepat sekali. Sangat membantu untuk yang berwisata ke Bromo.
    Jika ingin menggunakan jasa travel ke Bromo silhkan klik bromotour1.com
    Sekali lagi trimakasih mas Andri atas tipsnya yang sangat membantu.

  3. Saya ingin bertanya, kalau dari jkt apakah harus ke surabaya dahulu atau ke malang? Kami ada rencana ke bromo menggunakan kereta api. Kalau ke malang, distasiun mana kami harus turun.

    1. Baiknya klo dari jakarta langsung turun di probolinggo saja..,agar jaraknya lebih dekat tp klo naik kereta baiknya turun di stasiun kota malang dr sana perjalanan sekitar 3 jam via darat ( kendaraan roda 4) dikota malang pun banyak jasa transport yg menawarkan untuk mengantar ke Bromo dengan harga yag bersahabat tentunya..,alangkah baiknya apabila dengan rombongan karena akan lebih menghemat..

  4. Hi Ndri, gw Renda – 49. lagi googling prep Bromo eh malah masuk k blog loe.. nice one. informatif. later gw japri lo aja ya kl mau nanya2 lbh lanjut

  5. pengen ke bromo kasada nanti, cm masih bingung mau ambil paket atau ngurus sendiri d sana nanti. Kita cuma berdua, ada saran untuk akomodasi yang bagus dan/atau jasa ke bromonya nanti ? Thanks.

Leave a Reply